Gambar: ANTARA/Vinny Shoffa Salma

Chika Olivia Membahas Mengenai Album "safe Place" Serta Aktivitasnya Dalam Dunia Musik

Rabu, 14 Agu 2024

Musisi muda Chika Olivia berbagi pengalaman mengenai proses pembuatan album solo pertamanya yang berjudul "safe place." serta perannya dalam grup "Littlefingers" dan sebagai session keyboardist untuk berbagai band dan penyanyi solo.

"Resmi memulai karier sebagai musisi solo pada tahun 2022, saya merilis lagu 'OUT' yang merupakan bagian dari album 'safe place.' dan saya produksi sendiri," ungkap Olivia saat tampil dalam acara "AntaraKita" di Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada hari Rabu.

Chika mulai menulis dan memproduksi beberapa lagu pada tahun 2018, yang kemudian diunggah ke platform streaming musik. Empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 2022, Chika mengukuhkan dirinya sebagai solois dengan merilis album mini "safe place".

Album "safe place." terdiri dari empat lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh Chika, yaitu "In The Land", "love has broken My heart", "safe place.", dan "OUT". Menariknya, lagu-lagu tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadi Chika yang sedang dilalui.

Chika menyatakan, "Ya, ini berasal dari pengalaman pribadi saya, dan saya mengerjakannya dengan intens selama sekitar enam bulan."

Dia menambahkan, "Genre yang saya sukai sebenarnya adalah yang saya tulis dan saya dengarkan. Namun, karena saat belajar saya memainkan lagu-lagu jazz, maka saya merasa sangat alami saat memainkan jazz."

Sejak tahun 2020 hingga saat ini, Chika masih terdaftar sebagai anggota band Littlefingers bersama dua rekannya, Tjdika dan David Halim. Saat ini, dia juga sibuk dengan karier solonya yang dirasakannya memiliki beberapa perbedaan dibandingkan saat bersama band.

"Di Littlefingers, penulisan lagu selalu dilakukan bertiga, dan kami berusaha sebaik mungkin untuk menyanyikan lagu-lagu instrumental," ungkap Chika.

"Namun, untuk proyek solo Chika Olivia, cerita yang saya sampaikan lebih bersifat pribadi dan lebih banyak berasal dari diri saya sendiri," tambahnya.

Meskipun tengah fokus pada proyek solonya, Chika tetap mampu menjaga keseimbangan antara aktivitas di band-nya. Selain itu, Chika juga kadang-kadang tampil sebagai pemain keyboard sesi untuk penyanyi baik dari band maupun solo, termasuk Hindia.

"Saat ini, saya hanya mengikuti alur konsepnya," ujarnya.

Hingga saat ini, Chika belum memiliki rencana untuk merilis album atau single terbaru. Oleh karena itu, ia terus berusaha "meramu" karya musik yang akan dirilis ketika ada kesempatan.

"Saat ini masih dalam tahap penulisan," tutupnya.


Tag:


  • " target="_blank">

Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar