Gambar: ANTARA/FAJAR SATRIYO

Sebanyak 546 Pecatur Berpartisipasi Dalam Festival Catur Japfa 2024

Sabtu, 17 Agu 2024

Sebanyak 546 pecatur berpartisipasi dalam Festival Catur Japfa 2024 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 17 hingga 23 Agustus. 

Acara ini merupakan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 serta HUT Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) yang ke-74, dan akan dibuka oleh Presiden FIDE Asia, Sheikh Sultan Khalifa Al Nahyan.

"Saya telah mengajak Presiden FIDE Asia untuk berdiskusi. Kami telah mengadakan turnamen catur klasik dan melibatkan semua selebriti. Upaya telah dilakukan. Namun, beliau menyatakan bahwa masa depan ada di dunia digital dan daring," ungkap Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto, mengenai rencana yang akan dibawa oleh FIDE Asia ke Indonesia pada hari Sabtu.

"Kita perlu menggabungkan kedua aspek tersebut. Saya telah mengundangnya ke sini. Kemarin sore, saya juga mengajak Pak Menpora untuk berdiskusi. Jadi, konsepnya mencakup catur klasik dan catur daring," tambah Utut.

Para pecatur yang berpartisipasi berasal dari 21 provinsi, serta dari negara-negara seperti Perancis, Malaysia, dan Filipina. 

Turnamen ini juga dihadiri oleh dua grand master (GM) dan delapan master internasional (IM).

"Yang pasti, festival dengan durasi yang panjang ini akan memperkuat hubungan antar pecatur," ungkap Utut.

Turnamen ini mencakup tiga kategori, yaitu catur standar dengan sistem Swiss 9 babak yang memiliki durasi maksimal 90 menit ditambah 30 detik, catur cepat dengan sistem Swiss 7 babak yang berlangsung selama 10 menit ditambah 5 detik, dan catur kilat dengan sistem Swiss 7 babak yang memiliki durasi 3 menit ditambah 2 detik.

Catur standar mempertandingkan sepuluh kategori, yaitu senior terbuka, senior putri, veteran, antarperusahaan/instansi, junior putra (kelahiran maksimal 2006), junior putri (maksimal 2006), junior putra (maksimal 2010), junior putri (maksimal 2010), junior putra (maksimal 2014), dan junior putri (maksimal 2014).

Selain itu, terdapat pertandingan dwi tarung grand master yang memperebutkan total hadiah sebesar 4.000 dolar AS.

"Saya sangat terkesan dengan semangat peserta di Japfa Chess Festival tahun ini," ujar Direktur PT Japfa, Rahmat Indrajaya.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar