Gambar: Dok/PT Telkomsel

Telkomsel Menerima Penghargaan Lestari Awards 2024, Menunjukkan Konsistensi Dalam Penerapan ESG

Selasa, 27 Agu 2024

Telkomsel kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan dalam Lestari Awards 2024 untuk kategori “Talent Management”. Penghargaan ini mencerminkan komitmen dan konsistensi Telkomsel dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance), terutama dalam aspek sosial dan tata kelola perusahaan melalui pengelolaan sumber daya manusia yang inovatif, efektif, dan berkelanjutan.

Penghargaan ini diraih Telkomsel berkat keberhasilannya dalam mentransformasi budaya perusahaan melalui berbagai inisiatif manajemen sumber daya manusia, yang meliputi dua program utama, yaitu People Development Program dan Polaris Program. Inisiatif ini dirancang untuk mengoptimalkan potensi karyawan melalui beragam pendekatan pengembangan, baik dalam hal keterampilan, inovasi, maupun pengembangan ide menjadi solusi yang berdampak nyata.

Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan, menyatakan, “Telkomsel sangat menghargai dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan Lestari Award 2024. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas dedikasi dan kerja keras seluruh tim Telkomsel dalam menerapkan inisiatif yang sejalan dengan prinsip ESG, dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan melalui pelatihan yang relevan dan program inovasi yang memberikan dampak nyata.”

Di masa mendatang, Telkomsel bertekad untuk terus maju dengan semangat Indonesia yang menjadi inspirasi bagi kami dalam mendorong inovasi secara konsisten, memperkuat budaya kerja yang berkelanjutan, serta memastikan bahwa setiap langkah yang diambil memberikan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan tata kelola perusahaan yang baik.

Melalui Program Pengembangan Sumber Daya Manusia, Telkomsel meningkatkan kompetensi dan kapabilitas karyawannya dengan mengintegrasikan berbagai inisiatif seperti peningkatan keterampilan, pelatihan ulang, beasiswa, dan program pengembangan bakat melalui platform pembelajaran digital yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan.

Dengan memanfaatkan platform seperti LinkedIn Learning yang dilengkapi dengan pelatihan berbasis AI, program ini menjamin bahwa karyawan mendapatkan pelatihan yang relevan, efektif, dan menarik. Dengan memberikan akses kepada alat pembelajaran digital yang canggih, Telkomsel mendukung pertumbuhan pribadi dan profesional karyawan, memperkuat daya saing perusahaan di sektor telekomunikasi digital, serta mempersiapkan tenaga kerja untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Dengan menerapkan metode pembelajaran experiential 70%, social 20%, dan formal 10%, dari Juni 2023 hingga Juni 2024, metode ini berhasil menarik minat hingga 98% karyawan Telkomsel untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran di platform e-learning dengan rata-rata waktu belajar mencapai 9 jam per karyawan.

Selain fokus pada pengembangan kompetensi, Telkomsel juga memberikan perhatian besar terhadap inovasi melalui Program Polaris. Program ini dirancang untuk mendorong karyawan dalam mengidentifikasi masalah-masalah kritis, mengusulkan solusi yang inovatif, serta mengembangkan ide-ide menjadi produk atau layanan yang memberikan dampak signifikan.

Dengan dukungan yang menyeluruh, mulai dari proses inkubasi hingga peluang pengembangan karier, Program Polaris berfungsi sebagai platform bagi para inovator di Telkomsel untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Salah satu inisiatif unggulan dari program ini adalah Polaris Impact, yang berhasil meningkatkan partisipasi karyawan dalam pengajuan perbaikan proses bisnis dan ide-ide baru hingga 83% sepanjang tahun ini.

Beberapa inovasi yang muncul dari inisiatif ini meliputi solusi Telkomsel Digital Food Ecosystem (DFE) yang berkontribusi dalam menciptakan ekosistem produksi makanan yang berkelanjutan, layanan tSurvey yang memberikan solusi untuk mendapatkan wawasan pasar melalui survei online, serta Energy Visibility Solution (Envion) yang memungkinkan pemantauan penggunaan listrik, gas, dan air secara real-time. Di sisi lain, Polaris IdeaSpark berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 ide dalam tantangan bulanan yang diadakan pada April 2024.

Lestari Awards yang diprakarsai oleh Kompas Gramedia Media, merupakan ajang penghargaan yang ditujukan untuk mengapresiasi organisasi yang menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi komunitas, sehingga menjadi teladan dalam penerapan prinsip tersebut di industri.

Kategori Talent Management yang diraih oleh Telkomsel secara khusus mengakui keberhasilan Telkomsel dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem pengembangan karier serta program pelatihan yang komprehensif dan inovatif, untuk mendukung strategi bisnis jangka panjang.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar