Gambar: Bisnis/Nabil Syarifudin Alfaruq

Jadwal Dan Lokasi Demonstrasi Ojol Hari Ini, 1.000 Pengemudi Gojek Dan Grab Akan Berunjuk Rasa Di Jalan

Kamis, 29 Agu 2024

Ribuan pengemudi ojek online dari Grab, Gojek, dan kurir di wilayah Jabodetabek dilaporkan akan menggelar demonstrasi pada hari ini, Kamis, 29 Agustus 2024. Aksi ini dipicu oleh tekanan yang dialami oleh para mitra dari perusahaan aplikasi. Ketua Umum Garda Indonesia, Igun Wicaksono, menyatakan bahwa demonstrasi damai ini bertujuan untuk menyampaikan keprihatinan mitra terhadap perusahaan dan pemerintah. "Kami menghormati dan mendukung aksi damai selama tidak mengganggu ketertiban masyarakat sebagai bentuk solidaritas dan kesamaan nasib para pengemudi ojek online yang semakin tertekan oleh perusahaan aplikasi," ungkap Igun dalam pernyataan resminya.

 Para pengemudi mengajukan permohonan kepada regulator untuk melakukan revisi serta penambahan pasal dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 1 Tahun 2012 mengenai formula tarif layanan pos komersial yang berlaku bagi mitra ojek online dan kurir online di Indonesia.

Tempat dan waktu demonstrasi

Beberapa lokasi akan dijadikan sebagai titik pusat demonstrasi. Di antaranya adalah Istana Merdeka, kantor Gojek yang terletak di wilayah Petojo, Jakarta Pusat, serta kantor Grab yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Ketua Umum Garda Indonesia, Igun Wicaksono, menginformasikan bahwa pelaksanaan aksi demonstrasi akan dimulai pada pukul 12.00 WIB. 

Tanggapan Gojek 

Di sisi lain, Gojek telah memberikan tanggapan terhadap rencana demonstrasi besar yang akan dilakukan oleh para pengemudi mereka hari ini. Dalam pernyataannya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menyatakan bahwa layanan Gojek akan tetap beroperasi. Kepala Urusan Korporat Gojek, Rosel Lavina, menjelaskan bahwa pihaknya selalu siap mendengarkan aspirasi dari mitra pengemudi aktif Gojek. “Kami selalu siap mendengarkan aspirasi mitra pengemudi aktif Gojek dan mengimbau agar disampaikan dengan cara yang kondusif dan tertib. Selama ini, mitra pengemudi aktif Gojek juga telah menyampaikan aspirasi mereka melalui berbagai saluran komunikasi formal yang kami sediakan,” ungkap Rosel kepada Bisnis, Rabu (28/8/2024).



Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar