Gambar: bkpm.go.id

Forum Investasi Regional 2024 Sebagai Platform Untuk Memperkuat Komitmen Investasi Yang Telah Ada Di Indonesia

, 30 Jun 2024

Demi mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan ekosistem baterai kendaraan listrik di Indonesia, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menggelar acara Regional Investment Forum (RIF) 2024 di Kota Batam dengan tema "Pengembangan industri elektronik untuk mendukung industri kendaraan listrik berbasis baterai", pada hari sebelumnya (29/5). Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi di wilayah Sumatera, DPMPTSP Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau, asosiasi usaha, dan perwakilan perusahaan.

Imam Soejoedi, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi/BKPM, sebagai pembicara utama dalam acara RIF 2024, menyatakan bahwa tren realisasi investasi di Indonesia terus meningkat secara konsisten. Dengan terus ditingkatkannya target realisasi investasi, penting untuk terus melakukan promosi potensi investasi yang baik kepada para investor.

Imam juga menekankan bahwa promosi yang baik bukan hanya mencari investor baru di luar negeri, tetapi juga memastikan bahwa investor yang sudah ada merasa senang dan mendapatkan keuntungan yang baik sehingga mereka dapat melakukan ekspansi lebih lanjut. Selain itu, ia juga meyakinkan para pimpinan perusahaan yang hadir bahwa minat investasi di Indonesia masih sangat tinggi, baik dari investor yang sudah ada maupun investor baru yang melakukan investasi baik dari Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) setiap triwulan.

Target investasi kami terus meningkat setiap tahun, namun pencapaian kami juga terus berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa kami bukan satu-satunya investor yang melakukan ekspansi, tetapi ada ratusan bahkan ribuan investor lain yang juga menambah investasinya di Indonesia," jelas Imam. 

RIF adalah forum yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Investasi/BKPM sebagai tempat diskusi para pemangku kepentingan investasi mengenai potensi investasi di daerah. Batam menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah RIF pada tahun 2024. Forum serupa akan diadakan di dua daerah lain yang mewakili wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur sepanjang tahun 2024.

Sebagai wilayah dengan jumlah penduduk terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam telah menetapkan target investasi yang besar. Menurut Kepala DPMPTSP Kota Batam, Reza Khadafi, saat ini terjadi peningkatan investasi yang signifikan di Batam.

RIF 2024 di Kota Batam mengadakan dua sesi diskusi panel yang membahas potensi investasi di sektor kendaraan listrik dan proyek investasi di Indonesia. Pada tahun 2023, investasi di Provinsi Kepulauan Riau mencapai Rp20,16 triliun, dengan Kota Batam menyumbang sebesar Rp15,62 triliun. Tiga sektor investasi yang paling diminati adalah Industri Mesin, Elektronik, Instrumen Kedokteran, Peralatan Listrik, Presisi, Optik, dan Jam; Perumahan, Kawasan Industri, dan Perkantoran; serta Transportasi, Gudang, dan Telekomunikasi.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar