Gambar: Kemendagri

Kemendagri Menggelar Indonesia Maju Expo Dan Forum 2024

Jumat, 05 Jul 2024

Kemendagri melalui Ditjen Polpum mengadakan Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 untuk mendukung produk lokal dan UMKM. Acara ini berlangsung selama empat hari dari tanggal 4 hingga 7 Juli 2024 di Assembly Hall Balai Sidang JCC.

Plh. Dirjen Polpum Kemendagri, Togap Simangunsong, menyatakan bahwa acara ini bertujuan mendukung pemulihan ekonomi dan mendorong ekspor. Selain itu, expo ini juga bertujuan untuk mempromosikan potensi ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.

Togap menjelaskan bahwa ini adalah acara keempat yang diadakan. Expo pertama dilakukan secara virtual pada tahun 2021 saat pandemi Covid-19. Kemudian dilanjutkan di JCC pada tahun 2022 dan di TMII pada tahun 2023. Tujuan utama dari expo pertama adalah untuk memulihkan ekonomi Indonesia akibat Covid-19.

Dalam sejarahnya, Togap bercerita bahwa Presiden Joko Widodo pada saat itu mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Selanjutnya, program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan UMKM didorong untuk menyukseskan Gernas BBI.

"Harapan kami adalah agar semua produk lokal di daerah dapat berkembang, dan yang terpenting adalah terkait dengan produk-produk lokal kita," ujarnya.

Togap menyebutkan bahwa terdapat sekitar 100 peserta expo yang berasal dari berbagai sektor, seperti kementerian, lembaga pemerintah, pemerintah daerah, BUMD, BUMN, swasta, lembaga non-pemerintahan, asosiasi, dan pelaku UMKM.

Adapun kegiatan expo juga beragam, termasuk Procurement Network Forum; Seminar Bisnis Online dari Omsang; Kelas Pemasaran Digital; Talkshow tentang ekspor dan penyakit jantung; Lomba Tari Daerah; Pameran Budaya Fashion; Festival Sambal Nusantara; Atraksi K9 dari Badan Narkotika Nasional (BNN); serta ceramah yang dihadiri oleh Ustaz Hanan Attaki dengan tema "Cinta, Etika, dan Ekonomi Halal: Menginspirasi Bisnis yang Berkah".


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar