Gambar: ANTARA/HO-Pelindo

Pelindo Memperluas Implementasi "autogate" Di 29 Pelabuhan Untuk Mencegah Praktik Pungutan Liar

, 07 Jul 2024

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo akan memperluas penggunaan gerbang otomatis (autogate) di 29 pelabuhan pada tahun 2024 sebagai bagian dari komitmennya untuk menciptakan pelabuhan yang bebas dari pungutan liar (pungli).

"Dengan adanya otomatisasi gerbang, sistem pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara tunai akan berubah menjadi non-tunai (cashless)," ungkap Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto dalam keterangannya di Jakarta, pada hari Minggu.

Mulai bulan Juli 2024 hingga akhir tahun, Pelindo akan mengoperasikan gerbang otomatis di empat pelabuhan di regional 1, tiga pelabuhan di regional 2, 14 pelabuhan di regional 3, dan delapan pelabuhan di regional 4.

Empat pelabuhan di Regional 1 yang akan mengoperasikan gerbang otomatis adalah Gunung Sitoli, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, dan Lhokseumawe. Sementara tiga pelabuhan di regional 2 adalah Cirebon, Bengkulu, dan Palembang.

Berikutnya, terdapat 14 pelabuhan di regional 3, mulai dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Tanjung Tembaga Probolinggo, Waingapu (Sumba), Maumere (Flores), Bima, Ende-Ippi, Kalabahi, Labuan Bajo, Kotabaru, Batulicin, Sampit, Kalianget, Tegal, hingga Tanjung Wangi.

Kemudian di regional 4, terdapat Manokwari, Jayapura, Biak, Fakfak, dan Merauke di Papua, Tolitoli dan Pantoloan di Sulawesi Tengah, serta Gorontalo.

Menurut Putut, pengoperasian gerbang otomatis dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan lalu lintas kendaraan di pelabuhan yang akan menerapkan sistem autogate.

"Kita juga akan mengevaluasi hasil penerapan autogate di pelabuhan-pelabuhan sebelumnya yang dapat dijadikan sebagai praktik terbaik," ujar Putut.

Ia menyatakan bahwa selain untuk melakukan standarisasi operasi pelabuhan, gerbang otomatis juga bertujuan untuk menciptakan pelabuhan yang bebas dari pungutan liar.

Diketahui bahwa pada tahun 2023, Pelindo telah berhasil menerapkan gerbang otomatis di 13 pelabuhan di Indonesia. Lima pelabuhan di antaranya sudah menggunakan sistem cashless sebelumnya, yaitu Banten, Tanjung Pandan, Sunda Kelapa, Banjarmasin, dan Gresik. Sementara itu, 12 pelabuhan lainnya yang sebagian besar berada di wilayah Indonesia Timur juga telah mengimplementasikan gerbang otomatis.

Sehingga, hingga akhir tahun 2024, diharapkan 59 pelabuhan akan menggunakan gerbang otomatis.


Tag:


  • " target="_blank">

Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar