Dok/PT Telkomsel

Telkomsel Ventures Memimpin Investasi Untuk Startup Tictag

Senin, 15 Jul 2024

Telkomsel, sebagai perusahaan digital telco terdepan di Indonesia, telah memimpin pendanaan di startup Tictag yang merupakan perusahaan AI berbasis data melalui Telkomsel Ventures. Pendanaan tersebut dilakukan bersama M Venture Partners, East Ventures, Investible, dan SBI Ven Capital.

Aksi korporasi ini menunjukkan komitmen Telkomsel dalam membuka peluang kolaborasi untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem inovasi digital, mendorong transformasi digital Indonesia, serta mengembangkan pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) di Indonesia dan Asia. Tindakan strategis ini sejalan dengan semangat Indonesia yang menginspirasi Telkomsel untuk mendorong kemajuan teknologi di berbagai sektor industri.

Tictag, perusahaan rintisan yang fokus pada pengembangan AI berkualitas tinggi yang mudah diakses oleh semua, telah memulai perjalanannya dengan inovasi utama dalam menyederhanakan proses pengumpulan dan anotasi data. Mereka merancang platform crowdsourcing berbasis aplikasi untuk memecah tugas-tugas menjadi unit-unit yang dapat dikelola dengan efisien.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tictag telah memperluas cakupannya, mengembangkan kemampuan AI terapan yang difokuskan pada analisis data serta menawarkan layanan konsultasi yang unggul.

CEO Telkomsel Ventures, Mia Melinda menyatakan, "Kualitas dan kinerja kecerdasan buatan AI sangat bergantung pada data yang digunakan untuk melatihnya. Oleh karena itu, investasi strategis ke Tictag dilakukan berdasarkan analisis atas kemampuan Tictag dalam membuka potensi AI secara menyeluruh melalui data training berkualitas tinggi yang mempercepat pengumpulan, pelabelan, dan pemrosesan data untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, hal ini sejalan dengan salah satu fokus sektor di Telkomsel Ventures yakni emerging technologies.

Sebagai investor terdepan di ekosistem startup, investasi ini merupakan salah satu langkah penting Telkomsel Ventures dalam mewujudkan visi dan misi Telkomsel untuk mendorong akselerasi ekosistem digital nasional serta meningkatkan perekonomian digital Indonesia."

Co-Founder dan CEO Tictag, Kevin Quah menyatakan, "Kami mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel Ventures yang telah mendukung kami dalam mengembangkan keahlian, pengetahuan, dan akses secara signifikan untuk memperluas dampak kami di pasar Asia. Bagi kami, Indonesia merupakan basis talenta AI yang berkembang pesat dan pasar yang sangat siap untuk mengadopsi AI."

Kepercayaan dan dukungan yang terus menerus dari para investor telah mendorong kami untuk terus berinovasi dalam memperkuat ekosistem AI. Kami menjalin kemitraan dengan komunitas kontributor anotasi data yang beragam, mahasiswa, serta penyandang disabilitas, sehingga memungkinkan mereka untuk turut serta dalam ekonomi AI.

Tictag, sebuah startup yang didirikan pada tahun 2019 di Singapura, memiliki misi untuk meningkatkan pemanfaatan AI oleh semua pihak. Dengan produk dan layanan inovatif yang berpotensi mendisrupsi pasar, Tictag kini melayani lebih dari 50 perusahaan di berbagai sektor, termasuk real estate, kendaraan otonom, pertanian, dan media di seluruh Asia.

Tictag telah beroperasi di Singapura, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Kami berencana untuk memanfaatkan investasi baru guna memperluas jangkauan bisnis kami di Indonesia dan Asia, demi mengimbangi pertumbuhan pesat pasar AI di kawasan tersebut.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar