Gambar: Grab Indonesia

Grab Meningkatkan Fitur Keamanan Dengan Uji Coba Layanan GrabCar Plus Sebagai Respons Terhadap Umpan Balik Konsumen

Jumat, 19 Jul 2024

Setelah melakukan dialog langsung dengan konsumen perempuan dari berbagai latar belakang dan membuka saluran resmi untuk umpan balik publik, Grab Indonesia mengumumkan sejumlah perbaikan layanan. Perbaikan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen, terutama bagi pengguna layanan transportasi roda empat. Selain melakukan seleksi ketat terhadap Mitra Pengemudi, berbagai pembaruan juga diterapkan pada fitur-fitur dalam aplikasi, seperti Trip Monitoring dan Audio Protect. Dalam semangat mendengarkan aspirasi konsumen, Grab juga memperkenalkan dua inovasi baru, yaitu fitur Akun Keluarga dan layanan GrabCar Plus.

"Sebagai bagian dari masyarakat yang sangat bergantung pada layanan taksi online, kami memahami bahwa keamanan dan kenyamanan konsumen adalah prioritas utama yang tidak boleh dikompromikan. Kami telah mendengar langsung dan mempelajari prioritas konsumen terhadap layanan GrabCar. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam memberikan waktu dan pemikiran mereka untuk meningkatkan layanan kami," ujar Tyas Widyastuti, Direktur Mobilitas & Logistik Grab Indonesia.

Dalam waktu satu minggu, Grab Indonesia telah menerima banyak masukan, termasuk tentang perekrutan Mitra Pengemudi. Selain memperketat verifikasi data untuk memastikan kecocokan data identitas Mitra dengan data yang ada di sistem pemerintah, Grab Indonesia juga menerapkan tes psikologi tatap muka sebagai syarat wajib. Hal ini merupakan tambahan dari persyaratan umum yang sudah ada, seperti SKCK.

Sebagai pelopor dalam industri ride hailing, Grab menerapkan tes psikologi tatap muka secara bertahap bagi Mitra Pengemudi kami. Selain itu, kami bekerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki izin resmi untuk melakukan validasi dan verifikasi seluruh dokumen identitas Mitra Pengemudi, baik yang akan bergabung maupun yang sudah bergabung, agar sesuai dengan data kependudukan dari pemerintah. Tidak hanya itu, Mitra Pengemudi juga diwajibkan untuk melakukan verifikasi wajah secara berkala," kata Radhi Juniantino, Direktur Trust & Safety dan Dukungan Grab, Indonesia.

Beberapa pembaruan fitur yang tersedia di layanan GrabCar antara lain:

Grab meningkatkan pengawasan perjalanan untuk mendeteksi perjalanan secara real-time dan mengurangi kemungkinan tindakan yang tidak diinginkan dengan intervensi manual. Tim Grab Support akan menghubungi penumpang dan pengemudi jika terjadi penyimpangan rute atau pemberhentian tidak wajar pada jam tertentu, terutama jika mereka tidak merespon notifikasi di aplikasi Grab.

Fitur perekaman suara dengan persetujuan penumpang (Audio Protect) hanya dimiliki oleh Grab di industri ride hailing. Perekaman suara akan secara otomatis dilakukan sejak Mitra Pengemudi menerima pemesanan dari penumpang yang sudah memberikan persetujuan. Selain itu, konsumen yang telah memberikan persetujuan dapat mengakses Audio Protect melalui Pusat Keselamatan sehingga pengaturan perekaman dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Tombol Darurat

Pada akhir tahun 2024, Grab akan memindahkan lokasi Tombol Darurat di aplikasi penumpang agar lebih terlihat dan lebih mudah diakses dalam keadaan darurat.

Dengan mayoritas pengguna perempuan di Grab, banyak masukan yang diterima dari para Ibu yang menginginkan notifikasi otomatis jika ada anggota keluarga yang menggunakan layanan transportasi dari Grab. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Grab meluncurkan fitur Akun Keluarga. Jika admin telah menambahkan anggota keluarga ke Akun Keluarga, ia akan menerima notifikasi otomatis dan dapat melihat posisi mobil secara real-time saat mereka melakukan perjalanan bersama Grab. Selain itu, anggota Akun Keluarga juga dapat menggunakan metode pembayaran yang dibebankan pada admin sehingga pembayaran lebih terpusat.

Grab sedang menguji coba layanan GrabCar Plus dengan standar baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan perjalanan dengan armada yang lebih besar, baru, dan nyaman. Layanan ini menawarkan mobil non-LCGC, kendaraan dengan tahun produksi yang lebih baru, serta seleksi kualitas kendaraan yang lebih ketat dengan pengecekan berkala. Selain itu, akan dilakukan implementasi tambahan identitas pelengkap bagi Mitra Pengemudi seperti seragam, kartu identitas dalam mobil, dan stiker pada armada secara bertahap mulai dari Agustus 2024.

Dari percakapan terbuka sebelumnya, banyak pengguna yang menginginkan layanan premium dan armada yang lebih nyaman. Oleh karena itu, GrabCar Plus (NEW) hadir di DKI Jakarta dan beberapa wilayah di Bali. Meskipun begitu, konsumen tidak perlu khawatir karena semua fitur keamanan tetap tersedia untuk semua jenis layanan transportasi roda empat yang dipilih," tutup Tyas.

Tentang Grab

Grab adalah aplikasi terkemuka di Asia Tenggara yang beroperasi di berbagai sektor seperti pengantaran, mobilitas, dan keuangan digital. Dengan layanan di lebih dari 700 kota di delapan negara Asia Tenggara, Grab membantu jutaan orang setiap hari memesan makanan, mengirim paket, memesan taksi, melakukan pembayaran online, dan mengakses layanan keuangan seperti pinjaman dan asuransi melalui satu aplikasi. Didirikan pada tahun 2012, Grab memiliki misi untuk memajukan Asia Tenggara dengan memberdayakan ekonomi bagi semua orang dan berkomitmen untuk mencapai kinerja keuangan yang berkelanjutan serta memberikan dampak sosial dan lingkungan yang positif di kawasan tersebut.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar